Siswa Siswi RU Meranti Ikuti JOTA JOTI se Kubu Raya

Siswa siswi Raudhatul Ulum 1 Meranti mengikuti kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) Kabupaten Kubu Raya. Foto: Fadila.
Kubu Raya, DIGULIS.ID - Siswa siswi Raudhatul Ulum 1 Meranti mengikuti kegiatan Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) se Kabupaten Kubu Raya pada, Jumat (15/10/21). Bertempat di taman alam Rasau Jaya.

Kegiatan JOTA JOTI ini merupakan agenda tahunan kepanduan digital  terbesar di dunia yg di kelola oleh World Organization Of Scout Movement (WOSM). Selain itu, kegiatan ini merupakan agenda tahunan (satu tahun sekali) yang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kubu Raya. 

Salah satu panitia kegiatan JOTA JOTI, Ayu menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan hal penting yang harus dan senantiasa dilaksanakan setiap tahunnya.

"Kegiatan ini merupakan hal penting dalam pramuka, karena kegiatan ini dapat meningkatkan silaturrahmi dan  komunikasi antar  sesama pramuka di seluruh Indonesi bahkan dunia,"ujarnya"

Kemudian, dalam pelaksanaannya kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama tiga hari mulai 15-17 Oktober 2021, yang di ikuti oleh siswa siswi pramuka tingkat penegak se-Kabupaten Kubu Raya. Dan setiap kontingen hanya diperbolehkan mengirim 8 peserta tebaik dalam mengikuti kegiatan JOTA JOTA ini.

Adapaun beberapa kegiatan yang akan diikuti oleh para peserta diantaranya, satelit dan parametes yang di ikuti oleh seluruh peserta dengan kriteria penilaian, kekompakan , wawasan, cepat dan tanggap.

Hal yang sama disampaikan oleh salah satu peserta JOTA JOTI Caca Istiqomah yang merupakan peserta asal Raudhatul Ulum Meranti, ia memaparkan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa.

"Karena dalam kegiatan ini banyak mengajarkan saya ilmu dan pengetahuan, sehingga saya bisa mengetahui bagaimana cara menggelar kegiatan jambore lewat radiao digital, radio satelit dan lain sebagainya,"paparnya"

Lebih lanjut pihaknya juga menjelaskan kendala atau halang rintang yang ia hadapi antuk bisa ikut andil dalam kegiatan ini diantaranya meliputi, akses jaringan, akses lokasi yang jauh, dan kendaraan.

"Sebab kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang saya ikuti, sehingga butuh perjuangan untuk bisa mengikuti kegiatan JOTA JOTI ini. Dan alhamdulillah, usaha maksimal juga menghasilkan hasil yang maksimal pula,"jelas Siswa kelas XII itu.

Sebelum menutup, ia juga berharap dengan mengikuti kegiatan ini semoga bisa menjadi wasilah dalam mengembangkan pengetahuan yang ia peroleh di Sekolahnya.

"Harapan terbesar nya adalah dengan mengikuti kegiatan ini mudah-mudahan bisa mengembangkan apa yang saya dapat di sekolah saya, dan bisa mengamalkan ilmu yang saya dapati kepada adik-adik saya kedepannya,"hharapnya.

Disisi lain, Muhammad Ilyas selaku pembiana pramuka di Raudhatul ulum 1 Meranti juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diikuti oleh sekolah nya.

"Namun meski demikian, tak mengurungkan niat kami untuk ikut andil dalam kegiatan ini, karena dari sini kami bisa banyak belajar dan mendapat ilmu dan pengetahuan baru. Dan tak kalah pentiang, kami berharap juga berharap semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan hingga kedepannya,"pungkasnya.

Reporter: Fadila dan Alfiani

Editor: Sholeh el Arif

Sholeh el arif
hai, manteman kenalin nama saye Sholeh el Arif. sebut saja, Sholeh sebagai hewan yang berotak.! Ingin kenal lebih jauh tentang ku? sile kunjungi IG: sholehelarif FB: Sholeh KPI

Baca Juga

Posting Komentar