Perdana Ikuti Lomba Orasi, Mahasiswa KPI Raih Juara

Penyerahan sertifikat penghargaan oleh panitia kepada peserta. Foto: Istimewa.

Pontianak, DIGULIS.ID - Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Pontianak, Biri Fikrudin meraih juara tiga lomba orasi mahasiswa se Kalimantan Barat yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah Partai Hati Nurani Rakyat (DPD Hanura) Provinsi Kalbar dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda pada, Minggu (31/10/2021). 

Lomba dengan tema, Pemuda sebagai hati nurani bangsa yang berkemajuan tersebut digelar sejak 21 Oktober 2021 lalu, diikuti oleh 15 peserta dari mahasiswa Universitas TanjungPura, IAIN Pontianak, UNU Kalbar dan lainnya.

Ketua panitia, Amiruddin M Yamin mengatakan, tujuan diadakannya lomba orasi mahasiswa se-Kalbar ini adalah untuk mengembangkan jiwa pemuda, khususnya mahasiswa agar berani menyampaikan aspirasi ke depan publik.

“Kenapa lomba orasi? Karena, orasi ini adalah dunianya pemuda dan khususnya mahasiswa agar nanti ketika dia turun aksi ke jalan-jalan untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada pemerintah atau institusi terkait mereka menyampaikan substansi yang benar bukan hanya asal teriak-teriak,”ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan output dari lomba tersebut adalah untuk mencetak para mahasiswa menjadi politisi-politisi yang berhati nurani lima sampai sepuluh tahun ke depan. 

Peserta lomba orasi, Biri Fikrudin menyampaikan, bahwa lomba tersebut sangat luarbisa. Karena, selain mengasah kemampuan sebagai mahasiswa untuk orasi, juga membangkitkan lagi semangat para pemuda terkhusus mahasiswa yang ada di Kalbar, agar bisa tahu akan peran dan fungsinya sebagai seorang pemuda.

“Ini kali pertama saya mengikuti lomba orasi, tentu berbagai konsep harus disiapakan secara matang, karena sejujurnya, berkenaan dengan orasi ini bukan bakat saya. Namun, alhamdulillah setelah melalui proses matang untuk menyiapkan bahan, akhirnya tanpa diduga, terpanggil menjadi pemenang. Ya, meski juara tiga, hal ini bagi saya yang masih awal, sudah melebihi cukup,"ungkapnya.

Selain itu, mahasiswa Program Studi KPI semester 5 tersebut juga menyampaikan, selain untuk menguji mental dan mencari pengalaman juga tak telepas dari hadiah menarik yang disediakan oleh panitia.

"Ilmu pengetahuan, pengalaman serta hadiah yang disedikan panitia tentu menjadi poin penting bagi saya, untuk makin semangat ikut serta dan menyiapkan bahan-bahan (konsep), sehingga tak hanya sekadar tampil. Melainkan, bisa tertata dan terkonsep secara teratur,"jelasnya. 

Sebelum menutup, pihaknya juga berharap, semoga kegiatan ini bisa terus berkelanjutan, agar pemuda bisa terus mengasah bakat, dan mentalnya, "Mudah-mudahan kegiatan luar biasa seperti ini bisa berkelanjutan, serta dengan jumlah peserta (kuota) yang lebih banyak lagi,"pungkasnya.

Reporter: Yunita Sari

Editor: DIGULIS.ID

DIGULIS.ID
Media online millenial yang dikelola oleh Klub Jurnalistik IAIN Pontianak sejak 2019

Baca Juga

Posting Komentar