Tiga Kali Raih Juara Umum, Piala Bergilir Resmi Menjadi Milik IAIN Pontianak

 

Piala bergilir diserahkan secara langsung oleh panitia Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke III tingkat Provinsi Kalimantan Barat, yang diselenggaran oleh Komunitas Mahasiswa Pecinta Al Quran (KMPQ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura.

Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak kembali meraih juara umum pada kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke III tingkat Provinsi Kalimantan Barat, yang diselenggaran oleh Komunitas Mahasiswa Pecinta Al Quran (KMPQ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura pada, (29/8/21).

Sebelumnya, IAIN Pontianak telah meraih juara umum dua kali berturut-turut, dan kali ini merupakan ketiga kalinya IAIN Pontianak kembali meraih juara umum. Sehingga, menjadikan piala bergilir tersebut secara resmi menjadi milik dan menetap di IAIN Pontianak.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut berlangsung secara online selama empat hari, mulai dari Minggu 26 September 2021 hingga Rabu 29 September 2021.

Salah satu peserta MTQ kontingen IAIN Pontianak Nindi Yani menuturkan bahwa tidak mudah untuk meraih juara hingga menjadi juara umum.

“Tentunya halangan dan rintangan telah kami lalui, baik proses seleksi untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena banyak yang berkenan ikut. Kemudian, mesti latihan rutin dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pengurus DEMA IAIN Pontianak, menyiapkan materi dan lain sebagainya,” Paparnya.

Namun meski demikian, Nindi mengaku puas dengan hasil yang yang telah diraih, karena patokan awalnya bukan lah juara, melainkan tekad dan kesungguhan.

“Sesuai apa yang diarahkan oleh pak Warek tiga ketika pertemuan adalah, bukan juara hasil yang diharapnya, melainkan kesungguhan dan pengalaman. Pun misalnya menang, itu hanya bonus. Oleh karena itu, yang menjadi titik fokus kami adalah kesungguhan dalam mempersiapkan hingga menampilkan,” lebih lanjut Mahasiswa KPI itu menuturkan.

Di sisi lain, hal senada juga disampaikan oleh Adi yang merupakan peserta cabang lomba Sarhil Quran putra, ia berharap regenerasi selanjutnya bisa memaksimalkan dan mempertahankan.

“Yang perlu diingat dan diketahui oleh teman-teman regenasi penerus selanjutnya adalah, untuk mendapatkan itu mudah, namun untuk mempertahakan cukuplah sulit. Oleh karena nya, bersungguh-sungguhlah dalam segala hal, terlebih membawa nama serta almamater IAIN Pontianak,” Harapnya.

Adapun nama-nama peserta yang menjuarai dalam ajang lomba MTQ III se Kalimantan Barat tersebut sebagai berikut.

1.      Musabaqah Tilawtil Qur'an Putri.

Juara 1 : Umi Qulsum

Juara 3 : Umi Khairiyah

2.      Musabaqah Tilawtil Qur'an Putra

Juara 1 : Muhammad Da'i

3.      Musabaqah Tartil Qur'an Putri

           Juara 3 : Tri Rahmayanti

4.      Musabaqah Tartil Qur'an Putra

Juara 2 : Fadhli Dzil Ikram

5.      Tahfidzul Qur'qn 1 juz Putra

Juara 1 : Hoironi

Juara 2 : Muslimin

6.      Tahfidzul Qur'qn 5 juz putra

Juara 2 : Kholili

7.      Syarhil Qur'an Putri

Juara 3  : Adinda

                         : Siti Alfiani

                         : Nindi Yani

8.       Syarhil Qur'an Putra

Juara 1 : Adi

                        : Muhammad Fachrulli

                        : Khairul Yuda

Reporter: Sholeh

Editor: El Arif 

Sholeh el arif
hai, manteman kenalin nama saye Sholeh el Arif. sebut saja, Sholeh sebagai hewan yang berotak.! Ingin kenal lebih jauh tentang ku? sile kunjungi IG: sholehelarif FB: Sholeh KPI

Baca Juga

Posting Komentar