Resmikan Kampung Digital, Walkot Pontianak: Dunia Digital Sudah Menjadi Kebutuhan

Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono meresmikan kampung digital pada, Kamis (15/4/21). Foto: Sholeh
Pontianak, DIGULIS.ID - Walikota  Pontianak Ir. H Edi Rusdi Kamtono meresmikan kampung digital yang di inisiasi oleh Generasi Digital Indonesia (Gradasi) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pontianak, BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Komunikasi dan Informasi pada, Kamis (15/4/21). Bertempat di Aula BKKBN Provinsi Kalimantan Barat. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Katua Umum DPP Gradasi, Koordinator Pandu Digital Indonesia, Katua Gradasi Provinsi Kalbar, Walikota Pontianak, Kepala BKKBN Provinsi Kalbar, Diskominfo serta pengurus Gradasi Kalimantan Barat.

Ketua Umum DPP Gradasi, M Siddiq K Tomsio menyampaikan secara online melalui Zoom bersyukur Gradasi yang bergerak dibidang literasi digital bisa hadir di Pontianak untuk sama-sama melakukan kita-kiat digital.

"Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih pada Walikota Pontianak dan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang bersedia menerima kami dalam rangka meresmikan Kampung Digital guna melakukan literasi-literasi digital kepada Masyarakat baik khususnya di Kota Pontianak," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, mengenai tujuan dibentuknya kampung digital ini tak lain untuk melakukan pendampingam kepada masyarakat.

"Tujuannya ialah untuk sama-sama melakukan pendapingan kepada masyarakat baik disektor pendidikan, UMKM, pariwisata,  perikan dan lain. Dan hal ini tentu sangat dibutukan dukungan dari stakeholder terkait serta seluruh elemen," imbuhnya.  

Kemudian, ia juga berharap melaui kolaborasi ini gerakan literasi digital  di masyarakat khususnya Pontianak dapat kita laksanakan dengan maksimal. 

"Saya pribadi ingin menitipkan rekan-rekan kami di Kalbar untuk membangun stakeholder terkait di Kota Pontianak untuk bersama-sama mendukung  gerakan percepatan transpormasi  digital indonesia . Karena, hal ini sesuai dengan harapan presiden, sebagaimana kita bisa menghadirkan digital ini untuk melayani kebutuhan masyarakat," harapnya, semabari menutup sambutannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Pontianak Ir. Edi Rusdi Kamtono melalui sambutannya menyambut baik adanya pendirian kampung digital ini karena sekarang sudah eranya teknologi.

"Kolaborasi seperti ini yang kita harapkan, karena dunia digital sekarang ini sudah menjadi kebutuhan dari berbagai aktifitas masyarakat terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini," tuturnya.

Edi juga berharap dengan adanya kampung digital ini bisa memajukan ekonomi kreatif dalam hal ini UMKM.

"Dengan adanya kampung digital ini mudah-mudahan bisa berperan dalam upaya pelatihan-pelatihan misalnya memberi solusi, bertukar informasi sebagaiman produktifitas transisi yang bisa dilakukan," lanjut Edi dalam sambutannya.

Kemudian, Edi juga optimis kedepan hal ini akan menjadi sesuatu bekal yang harus kita ikuti perkembangan nya.

Dan tentu melalui program yang baik ini kita berharap, tingkatan jaringan akan lebih besar seiring banyak nya provider. Kemudian, dengan adanya kampung digital masyarakat Kota Pontianak bisa memanfaatkan hal ini,"tegasnya.

Dilain sisi, salah satu peserta Bella Evinta juga menyampaikan bahwa adanya pendirian kampung digital ini tentu akan bernilai positif.

"Karena hal-hal seperti ini sangat dibutuhkan oleh khalayak masyarakat apalagi kaum millenial, yang hampir seluruh menggunakan gadget untuk mengakses berbagai informasi sehingga bisa membangun jiwa literasi," pungkasnya.

Reporter: Sholeh

Editor: El 

Sholeh el arif
hai, manteman kenalin nama saye Sholeh el Arif. sebut saja, Sholeh sebagai hewan yang berotak.! Ingin kenal lebih jauh tentang ku? sile kunjungi IG: sholehelarif FB: Sholeh KPI

Baca Juga

Posting Komentar