Peduli Pendidikan Di Perbatasan, Komunitas Khatulistiwa Development Buka Program Rumah Baca

Khatulistiwa Development sukses melaksanakan program kerja pembuatan rumah baca di daerah perbatasan
Sanggau, DIGULIS.ID - Khatulistiwa Development sukses melaksanakan program kerja pembuatan rumah baca di daerah perbatasan yang dimulai sejak Kamis 8 April hingga Sabtu 10 April 2021 lalu. Beralokasi di Desa Balai Karangan, dengan memanfaatkan bangunan posyandu yang sudah tidak difungsikan lagi.

Secara resmi, rumah baca tersebut diresmikan secara langsung oleh kepala Camat Kecamatan Sekayam pada (4/10) lalu, dan dihadiri oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Sekayam, BPD Desa Balai Karangan, Kepala Desa Balai Karangan, Perangkat Desa Balai Karangan, Bhabinkantibmas Desa Balai Karangan, Babinsa Desa Balai Karangan, serta masyarakat sekitar.

Ketua pantia pembuatan Rumah Baca Uray Deki Akbar mengatakan, dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari.

“Alhamdulillah telah terlaksana program pengadaan rumah baca di Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam. Dalam pelaksanaannya kawan-kawan komunitas Khatulistiwa Development melaksanakan kegiatan selama tiga hari. Terhitung di mulai sejak dari tanggal 8 keberangkatan menuju Desa Balai Karangan, 9 pelaksanaan, dan tanggal 10 peresmiannya,” ujarnya.

Kemudian, setidaknya ada 2.149 buku yang tersedia dirumah baca tersebut diantaranya, buku pendidikan, pertanian, novel, kesehatan, hukum, psikologi, politik, dan lain sebagainya.

“Adapun yang menjadi sasaran rumah baca ini memang kita khususkan untuk seluruh masyakat perbatasan. Dan alasan kami memilih Desa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam karena desa ini merupakan pusat pendidikan,” imbuhnya.

Uray juga berharap, demgan adanya rumah baca ini semoga dapat dipergunakan tidak hanya sebagai tempat membaca saja.

“Akan tetapi juga bisa menjadi tempat diskusi bagi para pemuda-pemudi untuk melahirkan program baru atau karya-karya baru untuk kemajuan daerah sekitar,” harapnya.

Disisi lain, Kepala Desa Balai Karangan Erzan Umar sangat mengapresiasi adanya pembuatan rumah baca yang dilakukan oleh Komunitas Khatulistiwa Developmet ini.

“Saya mewakili masyarakat Desa Balai Karangan sangat mengapresiasi dengan adanya pembuatan rumah baca ini. semoga dengan dibukanya rumah baca di Desa Balai Karangan ini mudah-mudahan dapat meningkatkan angka minat membaca khususnya masyarakat Desa Balai Karangan sehingga dapat memberikan perubahan terhadap pola pikir anak-anak secara signifikan sehingga dapat meningkatkan minat belajar." Paparnya, dalam sambutannya.

Ia juga berharap, semoga dengan adanya rumah baca ini anak-anak juga bisa membaca dan mempunyai literatur bacaan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan di era globalisasi ini.

“Bagi masyarkaat yang hendak membaca jangan lupa untuk selalu unutuk menerapkan protokol demi menjaga kesehatan masyarakat. Kami juga berharap kegiatan ini bukan hanya diresmikan tapi juga dapat berlanjut. Semoga hal kecil ini bisa membuka dan membawa perubahan yang lebih besar,” pungkasnya.

Reporter: Rafi

Editor: Sholeh el arif

Sholeh el arif
hai, manteman kenalin nama saye Sholeh el Arif. sebut saja, Sholeh sebagai hewan yang berotak.! Ingin kenal lebih jauh tentang ku? sile kunjungi IG: sholehelarif FB: Sholeh KPI

Baca Juga

Posting Komentar