Prodi PBA IAIN Pontianak, Pilihan Tepat untuk Mahir Bahasa Arab

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Pontianak

 Pontianak, DIGULIS.ID – Pendidikan Bahasa Arab (PBA) merupakan salah satu prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Pontianak.

Seperti namanya, di Prodi PBA ini akan mempelajari seputar Bahasa Arab secara rinci dan detail.

Tak hanya itu, di Prodi PBA juga mempelajari tentang Nahwu dan Shorof, Kitab Baina Yadaik, Qowaid Lhughah Lil Mubtadiin, Qowaid Lughah Lil Mutawasithin, Qowaid Lughah Mutaqoddimin, Balaghah dan masih banyak yang lainnya.

Mahasiswa aktif Prodi PBA, Rizal menjelaskan bahwa di Prodi PBA juga mempelajari tentang ilmu keguruan sebagai dasar untuk menjadi seorang guru yang bijaksana sesuai dengan keislaman.

Prodi PBA ini sendiri mempunyai visi dan misi. Visinya yaitu menjadi pusat pengembangan tenaga pendidik bidang pembelajaran Bahasa Arab yang unggul, terkemuka dan terbuka dalam riset keilmuwan, keagamaan dan kebudayaan borneo tahun 2025. 

Ada lima Misi Prodi PBA yaitu yang pertama menyelenggarakan pembelajaran Bahasa arab yang berkualitas, kedua mengembangkan kemampuan professional dan potensi akademi, ketiga melaksanakan sistem akademik yang religious, keempat melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan Bahasa Arab dan terakhir yaitu mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak baik ditingkat nasional maupun internasional.

Lulusan Prodi PBA bisa kerja apa?

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (2018), Rizal Maulana menjelaskan bahwa lulusan Prodi PBA bisa menjadi Guru hingga bisa menjadi seorang penerjemah Bahasa Arab.

“Lulusan PBA bisa jadi seorang Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (Ma) bahkan bisa menjadi dosen Pendidikan Bahasa Arab, pimpinan pesantren dan masih banyak lagi, “ jelasnya Sabtu, 27/02/2021 ketika dihubungi via Whatsapp.

Rizal mengatakan bahwa Bahasa Arab yaitu bahasa Al-Qur’an serta bahasa hadist yang kita pakai setiap harinya yaitu ketika shalat dan mengaji. Karena itu kita harus memahami apa yang kita ucapkan dengan belajar bahasa Arab itu sendiri.

Ia mengajak calon Mahasiswa baru IAIN Pontianak dimana pun mereka  yang ingin belajar Bahasa Arab atau ingin memperdalam ilmunya untuk memilih Prodi PBA.

“Ayo bergabung ke Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, agar bisa mewujudkan cita-cita menjadi seorang penerjemah Bahasa Arab,” ajaknya.

Selain itu, keunggulan Prodi PBA yaitu mereka mengadakan teater dengan menggunakan Bahasa Arab. Selain bisa berbahasa Arab, mereka juga mampu berteater menggunkaan bahasa arab yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Reporter: Rasiska

Editor: Lukman

Lukmanul Hakim
Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik, sastra, fotografi dan desain grafis. Mari berkarya bersama. Instagram / Twitter: @lukmannahl

Baca Juga

Posting Komentar