Prodi IAT IAIN Pontianak, Hidup Indah Bersama Al-Qur’an

 

Mahasiswa Prodi IAT IAIN Pontianak

DIGULIS.ID - Satu diantara Program Studi di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Pontianak yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Seperti namanya, di Prodi IAT ini akan mempelajari seputar al-Quran dan Tafsir secara rinci dan detail.

Tak hanya itu, di Prodi IAT juga dapat mengenal kitab-kitab berbahasa Arab seputar al-Quran, keilmuan tafsir seperti ilmu balaghah, ushul tafsir, ulumul quran, ulumul hadits, jarh wa ta'dil, takhrij al-hadits, nahwu, shorof, dan masih banyak lagi.

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Pontianak dapat dikatakan yang terbaik di Kalbar, dilihat dari jumlah mahasiswanya.

Lulusan Prodi IAT bisa jadi apa?

Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadits se-Indonesia (FKMTHI) Koordinator Daerah Kalimantan, Ahmad Yani menjelaskan bahwa lulusan Prodi IAT bisa menjadi Da’i hingga Konten Kreator Islami.

“Lulusan IAT bisa jadi Da'i, Mubaligh, Mufassir, Ustadz, Kiai, Peneliti bidang Tafsir, Dosen tafsir, Pimpinan pesantren, Konten kreator Islami dan masih banyak lagi,” jelasnya (8/2/2021) ketika dihubungi via Whatsapp.

Ia juga mengajak calon mahasiswa baru IAIN Pontianak yang senang ataupun yang ingin mempelajari lebih luas tentang Al-Qur’an dan tafsir untuk memilih Prodi IAT.

“Mari bergabung ke program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, hidup indah bersama al-Quran,” ajaknya.

Prestasi Mahasiswa IAT?

Bicara Prestasi, Mahasiswa IAT jangan diragukan lagi. Misalnya pada ajang-ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) mahasiswa IAT menjadi langganan Juara.

Melansir dari website FUAD IAIN Pontianak, pada MTQ Tingkat Mahasiswa se-Kalbar 2020, ada 5 juara dari Prodi IAT  yaitu Juara 1 Hifdzil Qur’an Putra 1 Juz (Syaiful Fahmi), Juara 3 Hifdzil Qur’an Putra 1 juz (Nur Wahed), Juara 1 Hifdzil Qur’an 5 Juz Putra (Faisal Fadhli), Juara Hifdzil Qur’an 5 Juz Putri (Sulaifah), dan Juara 1 Lomba Tilawah Putra (M. Da’i Maftuh).

Pada MTQ XXVIII di Kabupaten Sekadau 2020, Mahasiswa IAT berhasil Juara 1 Qira'at Sab'ah Murattal Dewasa (Saeful Fahmi) dan Juara 1 Qira'at Sab'ah Murattal Remaja (Faisal Fadhli).

Di tingkat Nasional, Mahasiswa IAT IAIN Pontianak juga berhasil meraih juara Harapan 2 Qira'at Sab'ah Murattal Remaja (Faisal Fadhli) yaitu pada MTQ Nasional XXVIII di Padang, Sumatera Barat.

Ahmad Yani menambahkan, belajar tentang Al-Qur’an dan Tafsir di Prodi IAT tidak akan rugi. Ia mengutip sebuah hadits. Rasulullah SAW bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلمه 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

Ia juga menambahkan bahwa IAT tidak akan ketinggalan zaman, justru Prodi IAT-lah yang akan membawa Islam kembali ke masa kejayaan peradaban dunia.

Lukmanul Hakim
Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik, sastra, fotografi dan desain grafis. Mari berkarya bersama. Instagram / Twitter: @lukmannahl

Baca Juga

Posting Komentar