Belajar Entrepreneurship di Prodi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Pontianak

 

Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Pontianak/ Foto: Instagram @hmpsbisnissyariah

Pontianak, DIGULIS.ID - Satu diantara Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Pontianak yaitu Manajemen Bisnis Syariah yang biasa disingkat MBS. 

Prodi MBS ini mempelajari pembentukan dan pengelolaan suatu bisnis yang aktivitas dan tujuannya disesuaikan dengan syariat-syariat yang berlaku dalam Islam dengan pendekatan yang aplikatif agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam pembelajarannya, ada sembilan prinsip manajemen bisnis Islam yang digali dari Al-Quran yaitu; tauhid, ibadah, amanah dan tanggung jawab, hikmah, adil, ihsan, tolong-menolong, halalkan thayyiban, dan musyawarah.

Mahasiswa aktif Prodi MBS, Taufik menjelaskan bahwa di Prodi MBS juga mempelajari ilmu entrepreneurship sebagai dasar untuk membangun dan mengembangkan bisnis syariah.

Manajemen Bisnis Syariah kerja apa?

Lulusan manajemen bisnis bekerja di bidang Business Development, marketing, sumber daya manusia (SDM), perbankan, dan hubungan Industrial. Peran-peran tersebut ada di hampir semua industri, mulai dari industri makanan, fashion, retail, manufaktur, kesehatan, hingga pariwisata. 

Taufik menambahkan, ia melihat banyak mahasiswa dari Prodi MBS yang mulai membuka usaha sendiri. 

“Paling banyak di anak MBS ialah membuka usaha sendiri. Namun, tidak menutup kemungkinan lulusan prodi ini bisa berkarier di beberapa bank yang berbasis syariah, lembaga keuangan negara, BUMN, hingga akademisi di bidang perekonomian syariah. Profesi yang bisa kalian tekuni seperti manajer, keuangan, perbankan," ungkap Taufik.

MBS Paling Banyak Peminat di Febi

Dari penuturan Taufik, pada angkatan 2020 kemarin di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) peminat paling banyak adalah Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS).

Ia sebagai mahasiswa mengajak calon mahasiswa baru untuk bergabung di Prodi MBS.

"Nah, jadi jangan ragu lagi mari bergabung di Prodi manajemen bisnis syariah," ajak mahasiswa angkatan 2019 ini.

Ia juga menambahkan bahwa Prodi MBS punya slogan tersendiri yaitu:

"Kita mau, Kita bisa, Kita sukses!"


Reporter: Yunita Sari

Editor: Lukman

Lukmanul Hakim
Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan jurnalistik, sastra, fotografi dan desain grafis. Mari berkarya bersama. Instagram / Twitter: @lukmannahl

Baca Juga

Posting Komentar