Alumni dan Mahasiswa KPI IAIN Pontianak Hadirkan Pakar Dalam Sarasehan Nasional Kebangsaan


DIGULIS.ID - Ikatan Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (IA KPI dan HMPS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak siap menggebrak.

Kedua pihak telah berkolaborasi mengadakan Sarasehan Nasional Kebangsaan dan Musyawarah IA KPI IAIN Pontianak, pada 8-11 Desember 2019 mendatang.

Kegiatan berskala nasional ini mengusung tema "Menangkal Hoaks dalam Upaya mengukuhkan Nilai-Nilai Kebangsaan jelang Pilkada Serentak 2020", yang di pusatkan, Aula Syech Abdurrani Mahmud  IAIN Pontianak.

Panitia telah menyusun agenda acara, baik sarasehan nasional kebangsaan, workshop, kopdar, pelatihan cek fakta, jalan sehat, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat emberikan sumbangsih untuk daerah dan Pemprov Kalimantan Barat, serta Indonesia pada umumnya,” ujar Ketua Panitia Sarasehan Nasional Kebangsaan IA KPI dan HMPS IAIN Pontianak, Habibi, M.Ikom, pada Rabu (22/11/2019).

Pada acara ini, pihaknya akan menghadirkan pembicara nasional maupun dari Kalbar. Pihaknya juga telah mendapat konfirmasi perihal kehadiran pakar komunikasi politik nasional, Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si.

“Kita juga tengah mengonfirmasi pembicara lainnya, seperti KPU RI, Bawaslu RI, Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tpr, Kapolda Kalbar dan Rektor IAIN Pontianak,” ungkapnya.

Selain itu, pihak panitia juga akan mengundang sejumlah stakeholder dalam acara ini, baik akademisi, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, mahasiswa, dan pelajar.

“Harapan kita memang jelang Pilkada Serentak 2020, termasuk di Kalbar dapat berjalan kondusif. Early warning atau peringatan dini melalui kegiatan ini kita lakukan dalam upaya menangkal serangan hoaks,” tegasnya.

“Usai acara ini kita harap ada rekomendasi, lalu kita Deklarasi Kalbar Anti Hoax yang melibatkan lintas tokoh hingga organisasi masyarakat di Kalbar,” imbuh Habibi.

Dalam acara ini, pihaknya juga secara khusus mengadakan Pelatihan Cek Fakta yang menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalbar.

“Jadi, direncanakan akan menghadirkan langsung tim IT Google Indonesia untuk menjadi pemateri,” tutur Habibi, yang juga Akademisi IAIN Pontianak ini.

Guna menyukseskan kegiatan tersebut, panitia bersama rutin menggelar pertemuan bersama baik IA KPI dan HMPS KPI. Ia menilai bahwa langkah awal untuk menyukseskan kegiatan ini adalah kerja sama tim yang dinilai sudah sangat kompak.

"Pastinya kerja tim kami tekankan dan selain itu mempersiapkan para pengisi acara sekaligus mematangkan berbagai agenda yang telah direncanakan,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Bagian HMPS KPI IAIN Pontianak, Kurniawan berharap agar kerjasama tim terus maksimal. Ia optimistis acara bisa sukses dengan melihat kekompakkan panitia bersama ini.

 “Terus jaga kekompakan jangan lupa jaga kesehatan agar tetap bisa bekerja hingga hari H karena masih banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan,” tuturnya.

Penulis: Sholeh
Editor: Tim digulis.id
DIGULIS.ID
Media online millenial yang dikelola oleh Klub Jurnalistik IAIN Pontianak sejak 2019

Baca Juga

Posting Komentar