IAIN Pontianak Menjadi Satu Diantara Lima Lokasi Lomba STQ Nasional

Masjid Syekh Abdul Rani Machmud IAIN Pontianak. Foto: Net
DIGULIS.ID - Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke XXV tahun 2019 akan digelar  mulai tanggal 30 Juni s/d 4 Juli 2019 mendatang, acara tersebut akan berlangsung di lima lokasi yang berbeda di Pontianak, Kalimantan Barat.

Aula Syekh Abdul Rani Machmud Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, menjadi satu diantara lokasi yang akan menjadi momentum bersejarah pelaksanaan STQ di Kalimantan Barat ini. Mengingat tahun ini adalah pertama kalinya IAIN Pontianak menjadi lokasi penyelenggara STQ Nasional.

Ini menjadi momentum IAIN untuk menjadi tuan rumah yang baik, seperti yang diterangkan Dr. H. Harjani Hefni Wakil Dekan Satu Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

“Dari seluruh Indoensia, alhamdulillah akhirnya kita baru berkesempatan dan mereka dapat berkunjung ke kampus kita.  Oleh karena itu, sebagai tuan rumah yang baik, kita perlu untuk menjaga kebersihan, menyapa para tamu kita dengan seramah-ramahnya, jika mereka ada sesuatu mungkin bingung mau melakuakan apa dikampus kita, kita bisa membantu mereka,” Ujarnya pada Jumat (28/05/2019).

Tidak sebatas itu, dari segi keilmuan Harjani juga berharap agar Mahasiswa IAIN bisa menjadikan momentum ini sebagai motivasi mereka untuk menjadikan IAIN Pontianak yang lebih baik.
“Kita juga sangat bersyukur, karena yang diperlombakan di IAIN Pontianak ini adalah lomba hafal Hadis, dengan 100 Hadis beserta sanadnya. Ini merupakan acara ekpedisi pertama yang akan diperlombakan dan akan menjadi lomba STQ untuk berikutnya nanti,” tambahnya.

Ia juga berharap agar pemuda Pontianak bisa termotivasi akan diadakannya STQ di lingkungan IAIN Pontianak, khususnya dengan diadakannya lomba Hafal Hadis bisa menambah rasa cinta pemuda kepada Rasulullah.

“Jadi kita merupakan tempat bersejarah dimana yang pertama kali secara Nasional kita jadi tempat tuan rumahnya. Kita berharap banyak Mahasiswa yang menyaksikannya. Karena mengapa? Ternyata disaat seperti ini masih banyak anak-anak muda yang dengan lancar menghafal sanad-sanad hadis. Hadis-hadis yang begitu banyak, ditampilkan oleh orang-orang dari seluruh indonesaia yang terbaik, yang akan menampilkan kemampuan mereka. Mudah-mudahan menjadi Motivasi untuk teman-teman yang ada di kota Pontianak ini. Karena sebagai bentuk cinta kita kepada Rasulullah.” Harapnya.

Penulis: Sapto Nur Cahyo
DIGULIS.ID
Media online millenial yang dikelola oleh Klub Jurnalistik IAIN Pontianak sejak 2019

Baca Juga

Posting Komentar